Asal Telaga Warna: Definisi, Struktur, Legenda – Faster

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Definisi danau warna

Danau sebenarnya adalah istilah lokal yang digunakan untuk menyebut daerah aliran sungai yang terisi air saat musim hujan dan menjadi ekosistem air yang tergenang. Selain itu, danau juga dapat diartikan sebagai badan air yang telah ada sejak lama, dimana partikel-partikel yang mengendap di dalamnya dapat dimanfaatkan oleh komunitas produsen primer atau fitoplankton untuk fotosintesis. Danau itu terlihat seperti semacam danau kecil, yang dasarnya bisa dijangkau oleh sinar matahari.

Berdasarkan proses tersebut, danau umumnya terbentuk secara alami akibat peristiwa vulkanik dan tektonik. Pada kawasan karst, danau terbentuk akibat topografi kawasan karst yang mengalami depresi alami sehingga tergenang air pada musim hujan.


Struktur danau berwarna

Struktur air danau dapat dibedakan berdasarkan luas permukaannya yaitu horizontal dan vertikal. Bidang horizontal dibagi menjadi dua, yaitu:


zona pesisir

Fungsi zona pesisir adalah untuk memasok danau dengan bahan organik. Ciri-ciri zona ini adalah sebagai berikut:

  1. Tepat di sebelah pinggiran kota
  2. Banyak tanaman air ditumbuhi
  3. Kedalaman relatif dangkal (Smith dan Thomas, 2000)
  4. Sinar matahari dapat menembus dengan optimal

Zona limnetik

Zona limnetik adalah daerah di tengah badan air atau danau yang merupakan badan air yang tidak terhalang yang terkena cahaya secara langsung. Organisme yang paling banyak ditemukan di daerah ini adalah zooplankton dan fitoplankton. (Odum, 1996)

Sejarah, Legenda dan Asal Usul Telaga Warna

Pada zaman dahulu, ada sebuah kerajaan di Jawa Barat bernama Kutatanggeuhan. Kutatanggeuhan adalah kerajaan yang makmur dan damai. Rakyat hidup damai dan sejahtera karena dipimpin oleh Prabu Suwartalaya yang bijaksana dan permaisurinya Ratu Purbamanah. Raja dan ratu sangat bijaksana sehingga pekerjaan yang dipimpinnya menjadi kerajaan yang makmur dan damai.

asal usul danau warina

Semua orang sangat senang. Namun sayang, Prabu dan istrinya belum dikaruniai seorang anak. sehingga membuat pasangan kerajaan sedih. Penasehat Prabu menasihati mereka untuk membesarkan anak itu. Namun Prabu dan Ratu tidak menyetujui lamaran tersebut. “Bagi kami, anak kandung lebih baik daripada anak angkat,” jawab mereka.
Seorang ratu yang murung
Sang ratu sering cemberut dan juga menangis. Hingga Raja pun sedih melihat istrinya. kemudian raja pergi ke hutan untuk tujuan pertapaan. Di sana raja terus berdoa agar mereka dikaruniai anak. Beberapa bulan kemudian, keinginan mereka akhirnya terkabul. Ratu sedang hamil. Semua orang di kerajaan sangat senang sehingga mereka membanjiri istana dengan hadiah.

Sembilan bulan kemudian, sang ratu melahirkan seorang putri bernama Gilang Rukmini. Rakyat negeri itu kembali mengirimkan sang putri kecil dengan berbagai hadiah. Bayi itu tumbuh menjadi anak yang sangat manis. Beberapa tahun kemudian, dia menjadi remaja yang cantik.

Prabu dan Ratu sangat mencintai putri mereka. Mereka memberi anak mereka semua yang mereka inginkan. Tapi itu membuatnya menjadi gadis manja. Jika keinginannya tidak terpenuhi, gadis itu marah dan sering mengucapkan kata-kata kasar. Meskipun demikian, para tetua dan orang-orang kerajaan masih mencintainya.

Hari-hari berlalu begitu cepat sehingga Putri tumbuh menjadi gadis tercantik di seluruh negeri. Sang putri berusia 17 tahun. Jadi penduduk negeri itu pergi ke istana. Mereka membawa banyak hadiah yang indah. Prabu mengumpulkan hadiah untuk disimpan di ruang istana. Dia dapat menggunakannya untuk orang-orang kapan saja.

Prabu hanya mengambil beberapa emas dan permata. Dia membawanya ke toko perhiasan dan berkata, “Tolong buatkan kalung yang sangat indah untuk putriku.” “Dengan senang hati, Yang Mulia,” jawab penjual perhiasan. Kemudian Dia mulai bekerja sebaik yang Dia bisa dan dengan sepenuh hati. Dia ingin membuat kalung terindah di dunia karena pembuat perhiasan ini sangat mencintai Putri.
Ulang tahun putri
Ulang tahun putriku telah tiba. Warga negara berkumpul di sekitar alun-alun istana. Ketika Prabu dan Ratu datang, orang-orang menyambut mereka dengan gembira. Semakin banyak sambutan hangat terdengar saat Putri cantik itu terlihat di depan semua pengagum kecantikannya.

Prabu lalu bangkit dari kursinya dan sudah memegang kalung cantik itu di tangannya. “Putriku yang manis, hari ini aku memberikan kalung ini untukmu. Kalung ini adalah hadiah dari orang-orang di seluruh negeri. Mereka sangat mencintaimu. Mereka memberikan hadiah ini karena mereka senang melihatmu tumbuh dewasa. Pakailah kalung ini Nak,” kata Prabu.

Sang putri mendapat kalung. Lalu dia melihat kalung itu dan berkata, “Aku tidak mau menggunakannya. Kalung ini jelek!” Lalu dia melempar kalung itu sehingga kalung indah itu rusak. Emas dan permata berserakan di lantai.
Kejadian itu benar-benar mengejutkan. Tidak ada yang mengira Putri akan bersikap seperti ini. Tidak ada yang berbicara. Suasana menjadi sunyi. Tiba-tiba terdengar teriakan dari Ratu Purbamanah. Dia merasa sangat sedih melihat kelakuan putrinya. Akhirnya mereka semua pun meneteskan air mata hingga istana pun basah oleh air mata mereka. Mereka terus menangis hingga air mata mereka membanjiri istana, dan tiba-tiba aliran air yang sangat deras keluar dari dalam tanah dan terus mengalir. Yang akhirnya Kerajaan Kutatanggeuhan tenggelam dan terciptalah sebuah danau yang sangat indah.


maka artikel dari worlddikbud.co.id Seputar Asal Usul Telaga Warna: Pengertian, Susunan, Legenda dan Sejarah, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

website Pelajaran SD SMP SMA dan Kuliah Terlengkap

Materi pelajaran terlengkap

mata pelajaran
jadwal mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa mata pelajaran sd mata pelajaran dalam bahasa jepang mata pelajaran kurikulum merdeka mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran sma jurusan ips mata pelajaran sma
bahasa inggris mata pelajaran
bu ani memberikan tes ujian akhir mata pelajaran ipa
tujuan pemberian mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah adalah
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional. artinya mata pelajaran smp mata pelajaran ipa mata pelajaran bahasa indonesia mata pelajaran ips mata pelajaran bahasa inggris mata pelajaran sd kelas 1
data mengenai mata pelajaran favorit dikumpulkan melalui cara
soal semua mata pelajaran sd kelas 1 semester 2 mata pelajaran smk mata pelajaran kelas 1 sd mata pelajaran matematika mata pelajaran ujian sekolah sd 2022
bahasa arab mata pelajaran mata pelajaran jurusan ips mata pelajaran sd kelas 1 2021 mata pelajaran sbdp mata pelajaran kuliah mata pelajaran pkn
bahasa inggrisnya mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa kelas 10 mata pelajaran untuk span-ptkin mata pelajaran ppkn mata pelajaran ips sma mata pelajaran tik
nama nama mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran pkn sd mata pelajaran mts mata pelajaran pjok
nama nama mata pelajaran dalam bahasa arab mata pelajaran bahasa inggrisnya mata pelajaran bahasa arab
seorang pengajar mata pelajaran akuntansi di sekolah berprofesi sebagai
nama mata pelajaran dalam bahasa jepang
hubungan bidang studi pendidikan kewarganegaraan dengan mata pelajaran lainnya
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional artinya mata pelajaran dalam bahasa arab
tujuan mata pelajaran seni rupa adalah agar siswa