Definisi sengketa internasional: jenis, jenis, penyebab – Faster

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Definisi sengketa internasional

Perselisihan internasional adalah perselisihan antara subjek hukum internasional atas fakta, hukum, atau kebijakan, di mana pihak lain menolak, menuntut balik, atau menolak klaim atau pernyataan salah satu pihak.

Definisi sengketa internasional
Istilah kedua ‚Äúperselisihan internasional‚ÄĚ (international sengketa) tidak hanya mencakup perselisihan antar negara, tetapi juga kasus-kasus lain yang termasuk dalam lingkup perjanjian internasional, yaitu jenis perselisihan tertentu antara negara di satu sisi atau individu, badan dan perusahaan. badan dan badan non-pemerintah di sisi lain.


Jenis sengketa internasional

Ada dua jenis sengketa internasional yaitu:


Perselisihan politik adalah perselisihan ketika suatu negara mendasarkan tuntutannya bukan pada pertimbangan yurisdiksi, tetapi pada kepentingan politik atau lainnya. Sengketa yang tidak bersifat hukum dapat diselesaikan secara politis. Keputusan yang dibuat dalam perjanjian politik hanya berupa usulan dan tidak mengikat negara yang bersengketa.


Sengketa hukum adalah sengketa yang di dalamnya suatu negara mendasarkan sengketa atau gugatannya pada ketentuan-ketentuan yang terdapat dalam suatu perjanjian atau diakui oleh hukum internasional. Keputusan ini dibuat dalam penyelesaian sengketa, yang dilakukan secara sah dan sifatnya memaksakan kedaulatan negara-negara yang bersengketa. Hal ini karena keputusan yang dibuat hanya didasarkan pada prinsip-prinsip hukum internasional.


Penyebab perselisihan internasional

Sengketa internasional memiliki beberapa penyebab, antara lain:


  • Kebijakan luar negeri yang terlalu fleksibel atau sebaliknya terlalu kaku

Kebijakan luar negeri suatu negara merupakan salah satu kemungkinan penyebab terjadinya sengketa antar negara. Pelanggaran atau kesalahpahaman juga bisa menjadi pemicu utama konflik. Salah satu contohnya adalah sikap Inggris yang terlalu luwes atau (flexible) dalam masalah pengakuan pemerintah China. Dan pada akhirnya, hal ini menyebabkan keengganan AS yang kaku terhadap China.


  • Unsur moralitas dan kesopanan internasional

Dalam menjalin kerjasama dan berkomunikasi dengan bangsa lain, sangat penting untuk memperhatikan kesopanan timbal balik bangsa dalam etika sosial. Karena jika kita melanggar etika, konflik dan ketegangan bisa muncul. Ini terjadi ketika Singapura mundur dari kesepakatan dengan Malaysia, padahal mereka sudah lama menjalin hubungan baik.


  • Masalah klaim perbatasan negara atau wilayah otoritas

Negara-negara tetangga secara geografis memiliki peluang konflik atau perselisihan yang tinggi tentang batas negara. Hal ini antara lain dialami oleh india-Malaysia, India-Pakistan, dan China-Taiwan.


  • Masalah hukum domestik kontroversial atau (aspek hukum).

Hukum nasional setiap negara berbeda tergantung pada kebutuhan dan keadaan orang. jika suatu negara dapat bekerja sama satu sama lain tanpa mempertimbangkan hukum domestik negara lain, bukan tidak mungkin akan timbul konfrontasi. Ini terjadi ketika Malaysia secara hukum keberatan dengan cara pemindahan wilayah Sabah dan Sarawak dari kedaulatan Kerajaan Inggris ke kedaulatan Malaysia.


Faktor ekonomi dalam praktik hubungan antar negara juga dapat memicu terjadinya konflik internasional. Penyebab konflik adalah kebijakan ekonomi yang kaku dan parsial. Hal ini terlihat ketika AS melakukan embargo produk minyak dari Irak dan kemudian menimbulkan konflik yang menegangkan antara AS dan Irak.


Penyelesaian Sengketa Internasional

Ketika timbul sengketa internasional, ada dua metode atau cara untuk menyelesaikannya. Metode atau cara tersebut adalah:


  • Penyelesaian Sengketa Internasional dengan Kekerasan

Berikut adalah cara-cara kekerasan dalam penyelesaian sengketa internasional, yaitu:

Konflik bersenjata adalah konflik dan melibatkan penggunaan angkatan bersenjata oleh kedua belah pihak dengan tujuan untuk mengalahkan musuh dan memaksakan perdamaian secara sepihak.

Retort adalah balas dendam yang dilakukan oleh suatu negara terhadap tindakan negara lain. Keberatan adalah tindakan hukum, tetapi bukan tindakan yang bersahabat. Keberatan termasuk, misalnya, pengakuan hubungan diplomatik dan hilangnya hak istimewa diplomatik dan pencabutan preferensi pajak atau tarif.

Pembalasan adalah pembalasan yang diterapkan oleh suatu negara dalam perselisihan terhadap tindakan ilegal negara lawan. Pengulangan dapat dilakukan di masa damai atau di antara pihak-pihak yang bersengketa.

Blokade adalah pengepungan suatu daerah, seperti kota atau pelabuhan, dengan tujuan memutuskan hubungan dengan pihak luar di daerah tersebut. Ada dua jenis blokade, yaitu blokade di masa perang atau di masa damai.


  • Penyelesaian sengketa internasional secara damai

Solusi damai adalah solusi tanpa paksaan dan kekerasan. Berikut penjelasannya:

Penyelesaian sengketa internasional dan sengketa melalui arbitrase internasional adalah penyerahan sengketa internasional kepada seorang arbiter yang dipilih secara bebas oleh para pihak. Mereka memutuskan penyelesaian sengketa dan tidak terlibat dalam pertimbangan hukum.

Penyelesaian yudisial adalah penyelesaian sengketa secara internasional melalui pengadilan internasional dan dibentuk sesuai dengan penerapan asas-asas hukum.

Negosiasi adalah upaya penyelesaian sengketa melalui dialog antar pihak yang bersengketa tanpa melibatkan pihak ketiga. Selama negosiasi, para pihak bertukar pendapat dan usulan untuk menemukan cara untuk menyelesaikan perselisihan secara damai. Negosiasi dapat bersifat bilateral dan multilateral. Negosiasi dapat dilakukan melalui saluran diplomatik di konferensi internasional atau di lembaga atau organisasi internasional.

Mediasi adalah kegiatan negara atau individu ketiga yang tidak berkepentingan dalam sengketa internasional, yang tujuannya adalah untuk mengarahkan atau memungkinkan negosiasi dan untuk berpartisipasi dalam negosiasi para pihak yang bersengketa. Mediator disebut juga mediator. Mediasi dapat dilakukan oleh pemerintah atau perorangan. Mediator juga memiliki peran yang lebih aktif dalam penyelesaian sengketa.


  • Penyelesaian sengketa hukum internasional

Sengketa hukum biasanya diselesaikan melalui arbitrase dan pengadilan internasional sebagai berikut:


Penyelesaian sengketa internasional melalui arbitrase internasional adalah penyerahan sengketa internasional kepada arbiter (hakim) yang dipilih secara bebas oleh para pihak, yang dapat mengambil keputusan tanpa harus terlalu terpaku pada pertimbangan hukum. Penghargaan arbitrase juga dapat didasarkan pada kesopanan dan prestasi.

  • Mahkamah Internasional (Mahkamah Internasional)

Dalam masyarakat internasional, satu-satunya cara untuk menyelesaikan sengketa dan perkara internasional melalui pengadilan adalah dengan mengajukan sengketa tersebut ke Mahkamah Internasional. tetapi anggota masyarakat internasional jarang melalui proses ini.


Oleh karena itu artikel dari worlddikbud.co.id tentang Definisi sengketa internasional: jenis, jenis, penyebab dan penyelesaiannya Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

website Pelajaran SD SMP SMA dan Kuliah Terlengkap

Materi pelajaran terlengkap

mata pelajaran
jadwal mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa mata pelajaran sd mata pelajaran dalam bahasa jepang mata pelajaran kurikulum merdeka mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran sma jurusan ips mata pelajaran sma
bahasa inggris mata pelajaran
bu ani memberikan tes ujian akhir mata pelajaran ipa
tujuan pemberian mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah adalah
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional. artinya mata pelajaran smp mata pelajaran ipa mata pelajaran bahasa indonesia mata pelajaran ips mata pelajaran bahasa inggris mata pelajaran sd kelas 1
data mengenai mata pelajaran favorit dikumpulkan melalui cara
soal semua mata pelajaran sd kelas 1 semester 2 mata pelajaran smk mata pelajaran kelas 1 sd mata pelajaran matematika mata pelajaran ujian sekolah sd 2022
bahasa arab mata pelajaran mata pelajaran jurusan ips mata pelajaran sd kelas 1 2021 mata pelajaran sbdp mata pelajaran kuliah mata pelajaran pkn
bahasa inggrisnya mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa kelas 10 mata pelajaran untuk span-ptkin mata pelajaran ppkn mata pelajaran ips sma mata pelajaran tik
nama nama mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran pkn sd mata pelajaran mts mata pelajaran pjok
nama nama mata pelajaran dalam bahasa arab mata pelajaran bahasa inggrisnya mata pelajaran bahasa arab
seorang pengajar mata pelajaran akuntansi di sekolah berprofesi sebagai
nama mata pelajaran dalam bahasa jepang
hubungan bidang studi pendidikan kewarganegaraan dengan mata pelajaran lainnya
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional artinya mata pelajaran dalam bahasa arab
tujuan mata pelajaran seni rupa adalah agar siswa