Definisi Walikota: Persyaratan, Tanggung Jawab, Wewenang, Daerah – Faster

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Contents

Pengertian dan persyaratan menjadi walikota

Walikota adalah pengurus daerah yang bekerja dalam penyelenggaraan pemerintahan kota/kabupaten. Ketentuan pemilihan walikota diatur dalam UU No. 8 Tahun 2015 tentang Perubahan UU No 8. 1 Tahun 2015 tentang Pemberlakuan Peraturan Pemerintah UU No. 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali. Undang-undang ini menetapkan bahwa syarat-syarat untuk menjadi walikota adalah sebagai berikut:

√ Definisi walikota

  • Percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa,
  • Setia kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, cita-cita Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia
  • Pendidikan minimal setingkat SMA atau sederajat
  • Usia minimal 25 tahun
  • Fisik dan mental sehat menurut pemeriksaan medis menyeluruh oleh tim medis
  • Tidak pernah dihukum penjara karena terbukti bersalah secara tetap atas tindak pidana yang diancam dengan pidana 5 tahun atau lebih
  • Tidak dibatalkan oleh keputusan akhir
  • Tidak pernah melakukan perbuatan tercela yang dibuktikan dengan laporan polisi
  • Berikan daftar kekayaan pribadi
  • Saat ini tidak memiliki kewajiban utang baik secara pribadi maupun badan hukum yang menjadi tanggung jawabnya yang merugikan keuangan negara.
  • Tidak dinyatakan pailit berdasarkan keputusan yang mempunyai kekuatan hukum tetap
  • Memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) dan SPT pribadi
  • Pernah menjabat dua periode sebagai walikota di posisi yang sama
  • Belum pernah jadi walikota
  • Dia mengundurkan diri sebagai walikota, mencalonkan diri di distrik yang berbeda sejak dicalonkan
  • Tidak sedang menjabat sebagai walikota
  • Ia tidak memiliki konflik kepentingan/masalah dengan pemegang jabatan
  • Mengundurkan diri jika calon anggota TNI (Tentara Nasional Indonesia) dan juga PNS (Perwira)
  • Lulusan jabatan di BUMN (Badan Usaha Milik Negara) atau BUMD (Badan Usaha Milik Daerah)

Berdasarkan UU No. 23 Menurut § 60 tahun 2014, tugas walikota menurut undang-undang adalah:

  • Memimpin penyelenggaraan semua urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah sesuai dengan muatan peraturan perundang-undangan serta kebijakan yang ditetapkan oleh DPRD tingkat kota.
  • Menjaga ketentraman dan ketertiban masyarakat. Artinya, walikota harus merumuskan kebijakan yang mendukung terciptanya suasana tenang dan tertib di kota yang dikuasainya.
  • Menyusun dan menyampaikan rancangan peraturan daerah rencana jangka panjang daerah (RJPD) dan rancangan rencana jangka menengah daerah (RJMD) kepada DPRD kota untuk dibahas bersama DPRD kota.
  • Menyusun dan menetapkan rencana kerja pembangunan daerah (RKPD). RKPD digunakan untuk menjamin keterkaitan dan stabilitas perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan peningkatan, RKPD ditetapkan dengan keputusan walikota.
  • Mewakili kota yang dipimpinnya baik di dalam maupun di luar lapangan. Walikota dapat menunjuk perwakilan hukum untuk mewakili dirinya sendiri, dengan tetap mematuhi peraturan perundang-undangan yang ditetapkan.
  • Mengusulkan pengangkatan wakil pengurus daerah dan
  • Melakukan semua tugas lainnya sesuai dengan hukum dan peraturan negara ini

Selain itu, walikota memiliki beberapa tanggung jawab terkait dengan jabatannya. Berikut beberapa tugas walikota lainnya:

  • Menjadi Ketua Forum Komunikasi Pengurus Daerah (Forkopimda) tingkat kota. Artinya, forum ini beranggotakan para pimpinan daerah yang kekuasaannya berada di bawah walikota, seperti camat atau lurah. Forum ini penting untuk mensinergikan pembangunan kota secara keseluruhan.
  • Kinerja pengelolaan keuangan daerah perkotaan. Walikota berhak menentukan besaran dana yang akan disalurkan untuk setiap program kerja. Tentunya melalui pengawasan dan persetujuan DPRD di tingkat kota
  • menyerahkan kekayaan daerah tersendiri menjadi milik pemerintah kota. yaitu daerah memiliki beberapa properti/kekayaan yang diwakili melalui jabatan walikota
  • Menjadi Ketua Komunitas Intelijen Daerah (Kominda) tingkat kota. Indonesia memiliki badan intelijen nasional dan juga di tingkat kota, komunitas ini dipimpin oleh walikota dalam mengumpulkan informasi rahasia yang dibutuhkan kota untuk membentuk kebijakan dengan lebih baik.

Kantor walikota

Selain banyak tugas, walikota juga memiliki beberapa lembaga dan kewenangan yang mendukung setiap tugasnya agar dapat dilaksanakan dengan baik dan optimal dengan pengawasan. Berikut beberapa kewenangan walikota menurut Pasal 65 Undang-Undang Nomor 65 Tahun 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah Sendiri:

  • Menyerahkan rancangan peraturan daerah (Perda) ke Dewan Perwakilan Rakyat (RKP) daerah di tingkat kota
  • menetapkan sekaligus memberlakukan peraturan daerah yang telah mendapat persetujuan bersama DPRD kota
  • Menetapkan peraturan daerah/peraturan walikota tentang masalah tersebut sebagai bentuk pelaksanaan peraturan daerah
  • Melakukan tindakan-tindakan tertentu yang diperlukan dalam keadaan mendesak dan yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat perkotaan atau masyarakat pada umumnya
  • Melaksanakan kewenangan lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan

Pengertian Peraturan Daerah

Berdasarkan Pasal 7(1) Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011, terdapat dua jenis peraturan daerah, yaitu peraturan daerah provinsi dan peraturan daerah kabupaten/kota.

A. Peraturan daerah adalah peraturan perundang-undangan yang ditetapkan oleh DPRD provinsi dengan persetujuan gubernur. Peraturan daerah tersebut meliputi Qanun dan Peraturan Daerah Khusus Provinsi Aceh (Perdasus) dan Peraturan Daerah Provinsi Papua dan Papua Barat (Perdasi).

B. Peraturan Daerah Kabupaten/Kota adalah peraturan profesi yang dibentuk oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota yang disetujui oleh Bupati/Walikota.


Pengembangan peraturan daerah

Peraturan daerah merupakan salah satu bentuk peraturan pelaksana dari undang-undang. Hakikatnya, kewenangan pengaturan bersumber dari kewenangan yang diberikan oleh pembuat undang-undang. Dalam hal-hal tertentu, peraturan daerah juga dapat mengatur sendiri hal-hal yang meskipun kewenangannya tidak secara tegas dilimpahkan oleh undang-undang, namun dipandang perlu diatur oleh daerah untuk melaksanakan otonomi daerah yang seluas-luasnya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 18. (3) dan (4) BARU 1945.

Bahkan, peraturan daerah juga bisa memuat ketentuan pidana, sebagaimana halnya dalam undang-undang. Pasal 15 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 menyatakan bahwa “muatan ketentuan pidana hanya dapat dimuat dalam peraturan perundang-undangan daerah”.

Selain itu, Pasal 14 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 menentukan bahwa “materi muatan peraturan daerah adalah seluruh materi muatan dalam rangka penyelenggaraan otonomi daerah dan pengelolaan bersama serta pertimbangan keadaan khusus daerah dan pengembangan lebih lanjut dari perundang-undangan yang lebih tinggi”. Menurut Pasal 7(1) UU No. 12 Tahun 2011, jenis dan hierarki peraturan perundang-undangan adalah sebagai berikut:

  1. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;
  2. Keputusan Majelis Permusyawaratan Rakyat;
  3. undang-undang/peraturan pemerintah sebagai pengganti undang-undang;
  4. Peraturan Pemerintah;
  5. keputusan presiden;
  6. peraturan provinsi; Dan
  7. Peraturan Daerah Kabupaten/Kota.

maka artikel dari worlddikbud.co.id tentang Pengertian Walikota: Persyaratan, Tanggung Jawab, Kewenangan, Peraturan Daerah dan Pembentukannya, Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

website Pelajaran SD SMP SMA dan Kuliah Terlengkap

Materi pelajaran terlengkap

mata pelajaran
jadwal mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa mata pelajaran sd mata pelajaran dalam bahasa jepang mata pelajaran kurikulum merdeka mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran sma jurusan ips mata pelajaran sma
bahasa inggris mata pelajaran
bu ani memberikan tes ujian akhir mata pelajaran ipa
tujuan pemberian mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah adalah
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional. artinya mata pelajaran smp mata pelajaran ipa mata pelajaran bahasa indonesia mata pelajaran ips mata pelajaran bahasa inggris mata pelajaran sd kelas 1
data mengenai mata pelajaran favorit dikumpulkan melalui cara
soal semua mata pelajaran sd kelas 1 semester 2 mata pelajaran smk mata pelajaran kelas 1 sd mata pelajaran matematika mata pelajaran ujian sekolah sd 2022
bahasa arab mata pelajaran mata pelajaran jurusan ips mata pelajaran sd kelas 1 2021 mata pelajaran sbdp mata pelajaran kuliah mata pelajaran pkn
bahasa inggrisnya mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa kelas 10 mata pelajaran untuk span-ptkin mata pelajaran ppkn mata pelajaran ips sma mata pelajaran tik
nama nama mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran pkn sd mata pelajaran mts mata pelajaran pjok
nama nama mata pelajaran dalam bahasa arab mata pelajaran bahasa inggrisnya mata pelajaran bahasa arab
seorang pengajar mata pelajaran akuntansi di sekolah berprofesi sebagai
nama mata pelajaran dalam bahasa jepang
hubungan bidang studi pendidikan kewarganegaraan dengan mata pelajaran lainnya
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional artinya mata pelajaran dalam bahasa arab
tujuan mata pelajaran seni rupa adalah agar siswa