Diafragma Pernapasan: Pengertian, Fungsi, Struktur, Cara – Faster

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
Diafragma pernapasan

Definisi Diafragma

Diafragma adalah organ yang terletak di antara dada dan rongga perut, yang berfungsi sebagai organ bantu sistem pernapasan manusia. Diafragma adalah otot penting yang memisahkan toraks (mengandung organ penting) dari rongga perut. Ketika kita berbicara tentang diafragma, biasanya kita berpikir tentang diafragma toraks (thoracic diafragma), namun sebenarnya ada beberapa diafragma lain di dalam tubuh, seperti diafragma urogenital, diafragma panggul, dan diafragma mata.


Fungsi diafragma

  • Fungsi utama diafragma adalah berguna dalam proses pernapasan, yaitu mengatur aliran udara masuk dan keluar tubuh melalui kontraksi dan relaksasinya.
  • Diafragma memiliki fungsi non-pernapasan yang membantu mengeluarkan muntah, feses, urine, dan aktivitas lain yang membutuhkan tekanan lebih di dalam rongga perut.
  • Diafragma dapat mencegah aliran cairan asam dari lambung ke kerongkongan dan masuk ke kerongkongan.
  • Kontraksi diafragma yang tiba-tiba dapat menyebabkan apa yang kita sebut cegukan. Kasus ini disebabkan penutupan pita suara akibat banyaknya volume udara yang masuk ke paru-paru. Cegukan tidak berbahaya bagi tubuh dan hanya bersifat sementara.

Struktur diafragma

Diafragma adalah septum otot berserat yang berbentuk kubah. Permukaan atas diafragma cembung (di rongga dada) dan cekung di permukaan bawah rongga perut. Karena terdiri dari jaringan otot, diafragma dapat berkontraksi dan rileks. Diafragma tersusun dari otot lurik (otot rangka) sehingga kita dapat menyadari gerakannya (voluntary). Saraf yang mengatur pergerakan diafragma adalah saraf frenikus Ada beberapa lubang pada diafragma yang tugasnya adalah jalur organ penting dari dada ke perut.

Ada tiga lubang utama di diafragma:

  • Foramen aorta adalah lubang yang dilalui aorta.
  • Pembukaan esofagus adalah pembukaan yang dilalui kerongkongan.
  • Foramen kavaleri adalah lubang yang dilalui vena kava inferior.

Cara kerja diafragma

Selama inspirasi atau inhalasi, diafragma berkontraksi dan bergerak ke bawah. Paru-paru kemudian mengembang untuk menampung volume udara yang masuk. Kontraksi diafragma membuat dada lebih lebar sehingga proses menghirup bisa berjalan lancar. Perluasan dada menciptakan tekanan negatif, yang meningkatkan kekuatan hisap udara ke paru-paru.

Kemudian setelah berakhirnya proses pertukaran oksigen dan karbondioksida dalam sistem peredaran darah tubuh. Selain itu, diafragma mengendur hingga rongga dada menyempit, karena elastisitasnya, paru-paru kosong dan udara keluar dari tubuh. Otot-otot yang mengelilingi rongga dada membantu mengeluarkan udara.


Mekanisme pernapasan

Tarik napas ke dalam tubuh dan hembuskan ke udara
dengan dua mode pernapasan, yaitu:



  1. Pernapasan dada

Bagian tubuh yang berperan dalam pernapasan dada, yaitu:

  • Otot-otot di antara tulang rusuk luar berkontraksi atau berkontraksi
  • Tulang rusuknya terangkat
  • Rongga dada membesar, akibatnya tekanan udara di dada berkurang, sehingga udara masuk ke dalam tubuh.

Pernapasan dada atau pernapasan pantai. Inspirasi dimulai ketika otot interkostal eksternal berkontraksi. Akibatnya, tulang rusuk naik dan menyebabkan rongga dada dan volume paru-paru mengembang. Sebaliknya, saat menghembuskan napas, otot interkostal bagian dalam mengendur sehingga tulang rusuk turun dan volume rongga dada berkurang.



  1. Pernapasan perut

Bagian tubuh yang berperan dalam pernapasan perut, yaitu:

  • Otot diafragma perut berkontraksi
  • Diafragma datar
  • Volume dada menjadi besar, sehingga tekanan udara di dalam dada berkurang, sehingga udara masuk ke dalam paru-paru.

Pernapasan perut atau pernapasan diafragma.Inspirasi dimulai, perut bergerak ke luar akibat kontraksi otot diafragma yang turun secara horizontal, sehingga rongga dada mengembang dan tekanan udara di paru-paru berkurang.Pada pernafasan, otot diafragma mengendur dan cenderung melengkung ke atas. Akibatnya, tekanan udara di paru-paru menjadi lebih tinggi karena volume rongga dada dan rongga paru-paru mengecil.

Biasanya, seseorang membutuhkan sekitar 300 liter oksigen per hari, ketika tubuh bekerja keras, oksigen yang diperlukan atau O2 meningkat beberapa kali lipat dan bisa mencapai 10-15 kali lebih tinggi. Ketika oksigen menembus membran alveolar, hemoglobin mengikat oksigen yang jumlahnya disesuaikan dengan besarnya tekanan udara.


Fase pernapasan

Fase ini terbagi menjadi inhalasi (inhalasi) dan ekshalasi (exhalation), yang melibatkan beberapa bagian tubuh, antara lain:

  • Otot interkostal
  • Iga
  • Diafragma
  • rongga dada padat
  • Tekanan udara di paru-paru

Selama inhalasi (inspirasi), otot interkostal eksternal berkontraksi (tulang rusuk terangkat); otot diafragma berkontraksi (diafragma menjadi rata), isi rongga dada bertambah dan tekanan udara di paru-paru menjadi rendah, semakin tinggi tekanan udara luar mendorong udara masuk ke dalam paru-paru.


Selama pernafasan (pernafasan), otot interkostal eksternal mengendur (tulang rusuk turun); otot diafragma mengendur (diafragma melengkung ke atas), isi rongga dada berkurang dan tekanan udara di paru-paru menjadi tinggi, semakin tinggi tekanan udara di paru-paru mendorong udara keluar.


Mekanisme saluran udara saat bernafas

Paru-paru mamalia terletak di rongga dada, paru-paru mamalia bertekstur seperti spons dan berbentuk sarang lebah dengan epitel lembab yang berfungsi sebagai pertukaran pernapasan. Total luas permukaan epitel (sekitar 100 m2 pada manusia) cukup untuk melakukan pertukaran gas ke seluruh tubuh.



  • Proses pembentukan suara

Dinding laring diperkuat dengan tulang rawan. Pada manusia dan mamalia lainnya, laring diadaptasi untuk berfungsi sebagai kotak suara. Saat udara dihembuskan, udara melewati sepasang pita suara di laring, kemudian suara dihasilkan saat otot-otot sadar di kotak suara menegang dan meregangkan pita suara sehingga pita suara bergetar. Suara bernada tinggi terjadi ketika pita suara sangat meregang dan bergetar dengan cepat; Bunyi bernada rendah berasal dari pita suara yang tidak terlalu tegang sehingga bergetar perlahan.


Vertebrata mengventilasi paru-parunya dengan cara bernapas, yaitu menghirup (inhalasi) dan menghembuskan napas secara bergantian. Ventilasi mempertahankan konsentrasi maksimum oksigen dan konsentrasi minimum karbon dioksida di alveoli Mamalia ventilasi paru-paru mereka dengan pernapasan tekanan negatif, yang bertindak sebagai pompa untuk menarik udara masuk, dan bukannya menekan udara sehingga udara mengalir ke paru-paru .



  • Volume kapasitas paru-paru

Kontraksi otot tulang rusuk dan diafragma menyebabkan peningkatan volume paru-paru selama pernapasan dangkal saat mamalia sedang istirahat. Selama aktivitas fisik yang berat, otot-otot lain di leher, punggung, dan dada pada gilirannya meningkatkan kapasitas paru-paru, semakin meregangkan tulang rusuk.

Volume udara yang dihirup dan dihembuskan selama pernapasan normal dikenal sebagai volume tidal Volume udara manusia adalah 500mL Volume udara maksimum yang dapat dihirup dan dihembuskan selama pernapasan paksa disebut kapasitas vital. Volume kapasitas vital masing-masing adalah 3400 ml dan 4800 ml untuk wanita dan pria. Kemampuan untuk hidup bergantung pada berbagai faktor, salah satunya adalah kelenturan paru-paru, sebenarnya paru-paru menampung lebih banyak udara daripada kapasitas vitalnya, tetapi alveoli tidak mungkin kolaps seluruhnya, sehingga masih ada udara yang tersisa.



  • Kontrol pernapasan otomatis

Pusat kontrol pernapasan terletak di medulla oblongata dan pons. Pusat kendali yang terletak di pons membantu medula menentukan ritme dasar pernapasan. Saat orang bernapas dalam-dalam, mekanisme umpan balik negatif mencegah paru-paru mengembang berlebihan. Sensor peregangan di jaringan paru-paru mengirimkan impuls saraf kembali ke medula, yang menghambat pusat kendali pernapasan.


Gangguan pernafasan

Beberapa jenis dijelaskan di bawah ini gangguan pernapasan umum pada saluran pernapasan manusia:


Empisema disebabkan oleh hilangnya elastisitas alveoli Asap rokok dan defisiensi enzim alfa-1-antitripsin merupakan penyebab hilangnya elastisitas paru-paru. Gejala:

  • Kehilangan nafsu makan dan penurunan berat badan juga umum terjadi pada penderita emfisema.

  • Sesak napas dalam waktu yang lama dan tidak dapat diobati dengan obat pereda yang biasa digunakan pada orang yang menderita sesak napas.

Pencegahan dan solusi: Menghindari asap rokok adalah langkah terbaik untuk mencegah penyakit ini. Berhenti merokok juga sangat penting.


Radang paru-paruASaya tahu Logensteking yaitu pneumonia yang disebabkan oleh diplococcus pneumoniae.

Penyakit ini menyebabkan pneumonia yang disebabkan oleh bakteri Diplococcus pneumonia.Akibat pneumonia, alveoli terisi nanah dan lendir sehingga oksigen sulit berdifusi ke dalam darah.


Influenza disebabkan oleh virus influenza. Gejalanya meliputi pilek, hidung tersumbat, bersin dan tenggorokan gatal. Influenza adalah infeksi saluran pernapasan akut yang ditandai terutama dengan demam, menggigil, nyeri otot, sakit kepala dan sering disertai dengan pilek, sakit tenggorokan, dan sakit tenggorokan. batuk yang tidak mengeluarkan dahak. Penyakit ini berlangsung 2-7 hari dan biasanya sembuh dengan sendirinya.


Asma adalah penyakit sumbatan jalan napas yang disebabkan oleh alergi terhadap rambut, bulu atau kotoran, debu atau stress psikis. Asma adalah keturunan


Tonsilitis adalah peradangan pada amandel (amandel). Jika infeksi terjadi melalui mulut atau saluran pernapasan, amandel menjadi bengkak (meradang), yang dapat menyebabkan saluran menyempit. Saluran pernafasan.


Mati lemas adalah gangguan pernapasan dalam transportasi dan penggunaan oksigen yang disebabkan oleh tenggelam (karena alveoli terisi air), pneumonia (mengakibatkan alveoli terisi lendir dan cairan limfe), keracunan CO dan HCN, atau gangguan sistem sitokrom (enzim pernapasan) sel tubuh atau tisu. Gangguan yang sering terjadi dalam proses pengikatan oksigen adalah mati lemas


Demikian artikel Duniadunia.co.id tentang Diafragma Pernafasan: Pengertian, Fungsi, Struktur, Cara Kerja, Mekanisme Pernapasan, Fase, Aliran Udara dan Gangguannya, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua.

website Pelajaran SD SMP SMA dan Kuliah Terlengkap

Materi pelajaran terlengkap

mata pelajaran
jadwal mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa mata pelajaran sd mata pelajaran dalam bahasa jepang mata pelajaran kurikulum merdeka mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran sma jurusan ips mata pelajaran sma
bahasa inggris mata pelajaran
bu ani memberikan tes ujian akhir mata pelajaran ipa
tujuan pemberian mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah adalah
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional. artinya mata pelajaran smp mata pelajaran ipa mata pelajaran bahasa indonesia mata pelajaran ips mata pelajaran bahasa inggris mata pelajaran sd kelas 1
data mengenai mata pelajaran favorit dikumpulkan melalui cara
soal semua mata pelajaran sd kelas 1 semester 2 mata pelajaran smk mata pelajaran kelas 1 sd mata pelajaran matematika mata pelajaran ujian sekolah sd 2022
bahasa arab mata pelajaran mata pelajaran jurusan ips mata pelajaran sd kelas 1 2021 mata pelajaran sbdp mata pelajaran kuliah mata pelajaran pkn
bahasa inggrisnya mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa kelas 10 mata pelajaran untuk span-ptkin mata pelajaran ppkn mata pelajaran ips sma mata pelajaran tik
nama nama mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran pkn sd mata pelajaran mts mata pelajaran pjok
nama nama mata pelajaran dalam bahasa arab mata pelajaran bahasa inggrisnya mata pelajaran bahasa arab
seorang pengajar mata pelajaran akuntansi di sekolah berprofesi sebagai
nama mata pelajaran dalam bahasa jepang
hubungan bidang studi pendidikan kewarganegaraan dengan mata pelajaran lainnya
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional artinya mata pelajaran dalam bahasa arab
tujuan mata pelajaran seni rupa adalah agar siswa