Lembar permukaan: majemuk, campuran, jari, rata, – Faster

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Lembar komposit permukaan (Permukaan)

Sesuai dengan konsep halaman bulu, halaman bulu memiliki halaman anak di kiri dan kanan halaman utama (petiolus communis). Biasanya daun majemuk menyirip memiliki selebaran kecil.

daun gantung

Daun majemuk menyirip adalah daun majemuk dengan anak daun yang terletak di kedua sisi tangkai daun sedemikian rupa sehingga tersusun seperti sirip ikan. Beberapa jenis lembaran kompon permukaan dapat dibedakan, yaitu:


Daun majemuk roseat individu (unifoliatus)

Tanpa pemeriksaan yang cermat, daun ini akan disebut daun tunggal, tetapi di sini akar daun menunjukkan sambungan (artikulasi), sehingga helaian daun tidak terdapat langsung pada batang induknya. Sebenarnya halaman ini juga berisi lebih dari satu halaman, hanya saja yang lainnya dikurangi sehingga hanya tersisa satu halaman saja. Daun seperti itu bisa kita temukan di berbagai jenis pohon jeruk.


Bahkan kertas bersama Pinnate (Apermukaan kasar)

Biasanya jumlah daunnya berpasangan pada kedua sisi induknya, oleh karena itu jumlah daun biasanya genap. Namun perlu diingat bahwa pada daun komposit tertutup, anak daun tidak selalu berpasangan. Contoh daun leci dan busuk.


Lembaran majemuk Pinnate Ganjil (Iluas permukaan)

Di sini juga, ada atau tidaknya anak daun yang menutup ujung batang induk menjadi pedoman. Dilihat dari jumlah selebaran, kami menemukan angka yang benar-benar ganjil ketika selebaran itu genap. Selain itu, daun majemuk menyirip juga dapat dibedakan berdasarkan letak anak pada batang induk dan juga berdasarkan besar kecilnya anak pada batang induk. Hingga kami juga menemukan:

  1. Menyirip lembaran komposit dengan selebaran berpasangan
  2. Membalik secara bergantian
  3. Mencubit secara bergantian.

Daun majemuk menyirip ganda dapat dibedakan berdasarkan letak daunnya, yaitu tingkat percabangan dari batang induknya. Anda dapat membedakan daun bulu ganda:

  • Senyawa menyirip ganda (bipinnatus). ketika daun duduk di cabang pertama dari batang induk.
  • Senyawa menyirip rangkap tiga (tripinnatus). ketika daun duduk di cabang sekunder batang induk.
  • Senyawa berbulu empat kali lipat. Pada umumnya daun menyirip ganda jarang ditemukan lebih dari tiga daun.
  • Daun bipinnate dibedakan lagi:
  • Sempurna dengan pin ganda. Jika tidak ada satu daun pun pada batang induk.
  • Dek ganda yang tidak sempurna. Kalau masih ada anak daun yang duduk langsung di batang induknya.

Contoh halaman ganda:

  • Daun majemuk menyirip ganda sempurna, seperti kelopak bunga merak (Caesalpinia pulcherrima Sw.) dan daun lamtoro (Leucaena glauca Benth.).
  • Daun majemuk menyirip ganda dan tidak sempurna, seperti daun kirinyu (Sambucus javanica Bl.).
  • Daun majemuk menyirip tiga berpasangan, seperti daun kelor (Moringo oleifera Lamk.).

Sendi jari (Palmatus atau Diginatus)

Daun majemuk jari adalah daun yang anak daunnya terbentuk dengan memancar di ujung batang induknya, seperti letak jari-jari pada tangan. Menurut jumlah anak, halaman dibedakan sebagai berikut:

Pelepah daun dua (Bifoliolatus), terdapat dua pelepah daun di ujung batang induk, misalnya daun Nam-nam (Cynometra cauliflora L),

Berdaun tiga (Trifoliolatus), dengan tiga daun muda di ujung batang induk, misalnya pohon payung (Hevea brasiliensis Muell).

Lima helai daun (Quinquefoliolatus), terdapat lima helai daun di ujung batang induk, contohnya ada daun induk (Gynandropis pentaphylla D).

Daun tujuh (septemfoliulotus), batang induk memiliki tujuh daun di ujungnya, seperti daun randu (Ceiba pentandra Gaertn).

Jika daun majemuk memiliki anak daun tujuh atau lebih, maka dikatakan memiliki banyak daun (Polyfoliatus). Di atas daun Randu (Ceiba pentandra Gaertn). Daun majemuk berjari ganda, misalnya Aegopodium sp.

Tangkai daun (pedatus), daun ini memiliki susunan daun menyirip, namun dua daun terluar tidak berada pada batang induknya, melainkan pada daun batang lain di sebelahnya.


halaman yang diacak (Topi digital)

Daun majemuk merupakan daun majemuk rangkap yang memiliki percabangan seperti jari-jari batang induk yang terdapat pada daun induk induk, tetapi pada cabang induknya terdapat anakan daun yang tersusun menyirip. Dengan demikian, daun majemuk campuran merupakan campuran susunan menyirip dan menyirip, seperti daun Putri Malu (Mimosa pudica L).

Jika diperhatikan lebih seksama, daun Puteri Malu sebenarnya bukanlah daun majemuk, melainkan daun majemuk menyirip ganda seluruhnya. Hanya saja, posisi kedua pasang cabang batang tersebut sangat berdekatan satu sama lain, sehingga terlihat ada 4 cabang batang di ujung batang daun induk.


Demikian artikel dari Duniaduniadik.co.id tentang Daun Pinang: Dikombinasikan, Dicampur, Meraba, Genap, semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat semua.

website Pelajaran SD SMP SMA dan Kuliah Terlengkap

Materi pelajaran terlengkap

mata pelajaran
jadwal mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa mata pelajaran sd mata pelajaran dalam bahasa jepang mata pelajaran kurikulum merdeka mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran sma jurusan ips mata pelajaran sma
bahasa inggris mata pelajaran
bu ani memberikan tes ujian akhir mata pelajaran ipa
tujuan pemberian mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah adalah
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional. artinya mata pelajaran smp mata pelajaran ipa mata pelajaran bahasa indonesia mata pelajaran ips mata pelajaran bahasa inggris mata pelajaran sd kelas 1
data mengenai mata pelajaran favorit dikumpulkan melalui cara
soal semua mata pelajaran sd kelas 1 semester 2 mata pelajaran smk mata pelajaran kelas 1 sd mata pelajaran matematika mata pelajaran ujian sekolah sd 2022
bahasa arab mata pelajaran mata pelajaran jurusan ips mata pelajaran sd kelas 1 2021 mata pelajaran sbdp mata pelajaran kuliah mata pelajaran pkn
bahasa inggrisnya mata pelajaran mata pelajaran sma jurusan ipa kelas 10 mata pelajaran untuk span-ptkin mata pelajaran ppkn mata pelajaran ips sma mata pelajaran tik
nama nama mata pelajaran dalam bahasa inggris mata pelajaran pkn sd mata pelajaran mts mata pelajaran pjok
nama nama mata pelajaran dalam bahasa arab mata pelajaran bahasa inggrisnya mata pelajaran bahasa arab
seorang pengajar mata pelajaran akuntansi di sekolah berprofesi sebagai
nama mata pelajaran dalam bahasa jepang
hubungan bidang studi pendidikan kewarganegaraan dengan mata pelajaran lainnya
dalam struktur kurikulum mata pelajaran mulok bersifat opsional artinya mata pelajaran dalam bahasa arab
tujuan mata pelajaran seni rupa adalah agar siswa